Loading
One Piece Going Merry
I LOVE YOLA SO MUCH.....I LOVE YOLA SO MUCH.... salam

MUSIC
videokeman mp3
Not Like That – Ashley Tisdale Song Lyrics

Selasa, 11 Juni 2013

PERUBAHAN GEJALA HALUSINASI PASIEN JIWA SEBELUM DAN SETELAH TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK STIMULASI PERSEPSI HALUSINASI DI RUMAH SAKIT GRHASIA PROVINSI DIY

3 Mei 2009
ABSTRAKSI
Latar Belakang: Di Rumah Sakit Grhasia Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta,  pasien yang mengalami gelaja gangguan jiwa termasuk pasien dengan gejala halusinasi biasanya diberi intervensi keperawatan berupa aktifitas-aktifitas yang sesuai dengan kemampuan pasien. Intervensi keperawatan tersebut antara lain: Terapi Individu, Terapi Kerja, TerapiKognitif, Terapi Aktifitas Kelompok, Terapi Keluarga, Home Visite. Terapi Aktifitas Kelompok menjadi salah satu cara terapi modalitas yang dikerjakan di Rumah Sakit Grhasia, karena terapi aktifitas kelompok merupakan tindakan terapi yang sering dilakukan dan efisien baik dari waktu, tenaga dan jumlah pasien yang dihadapi.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perubahan gejala halusinasi pasien jiwa sebelum dan setelah  terapi aktivitas kelompok stimulasi persepsi halusinasi pasien rawat inap di RS Grhasia Provinsi DIY.
Metodologi Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian one group pre-posttest design. Sampel penelitian ini diambil 20 orang pasien yang terdiri dari 10 pasien laki-laki dan 10 pasien perempuan. Data diambil dengan metode wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan  uji t amatan ulangan (pairs t-test) dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil Penelitian: Rerata gejala halusinasi pasien jiwa sebelum Terapi Aktifitas Kelompok (TAK) Stimulasi Persepsi sebesar= 9,500 dan rerata setelah sebesar= 5,250. Hasil analisis dengan software komputer diperoleh t  hitung= 10,902 dengan p<0,05 dan dinyatakan signifikan, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulan: Terdapat perubahan (penurunan) yang signifikan gejala halusinasi pasien jiwa sebelum dengan setelah Terapi Aktifitas Kelompok Stimulasi Persepsi di Rumah Sakit Grhasia Provinsi DIY. Terapi Aktifitas Kelompok Stimulasi Persepsi mampu menurunkan gejala halusinasi pasien jiwa di Rumah Sakit Grhasia Provinsi DIY sebesar= 44,737%.

http://skripsistikes.wordpress.com/2009/05/03/ikpiii123/#comment-5708

diterjemahkan (Yola Pratiwi daswin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar