Loading
One Piece Going Merry
I LOVE YOLA SO MUCH.....I LOVE YOLA SO MUCH.... salam

MUSIC
videokeman mp3
Not Like That – Ashley Tisdale Song Lyrics

Selasa, 11 Juni 2013

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU POSTPARTUM TENTANG KOLOSTRUM DENGAN PEMBERIAN KOLOSTRUM DI BPS SRI MARTUTI PIYUNGAN BANTUL TAHUN 2011

INTISARI
Yuliana Pramita Dewi
Latar Belakang: Berdasarkan data pada buku profil kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2009 menunjukkan bahwa cakupan ASI eksklusif paling rendah dialami oleh Kabupaten Bantul yakni sebesar 25,21%. ASI yang pertama kali keluar setelah melahirkan disebut kolostrum dan sangat penting diberikan kepada bayi. Namun sayangnya, banyak ibu postpartum yang kurang/tidak tahu akan pentingnya kolostrum.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan tentang kolostrum dengan pemberian kolostrum pada ibu postpartum di BPS Sri Martuti Piyungan Bantul. Apakah kedua variabel tersebut berhubungan dan saling mempengaruhi.
Metode: Penelitian dengan metode statistik induktif. Menggunakan pendekatan waktu cross sectional. Subjek penelitian adalah ibu postpartum spontan di BPS Sri Martuti Piyungan Bantul pada hari pertama sampai hari keempat. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik menggunakan rumus Chi Square.
Hasil: Menunjukkan ada hubungan tingkat pengetahuan ibu postpartum tentang kolostrum dengan pemberian kolostrum di BPS Sri Martuti Piyungan Bantul yang dibuktikan dengan hasil χ2 hitumg sebesar 13,146 pada signifikansi 0,001 dimana χ> χtabel (13,146 > 5,991) dan signifikansi tersebut lebih kecil dari 5% (sig. p 0,001<0,05).
Kesimpulan: Terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu postpartum tentang kolostrum dengan pemberian kolostrum di BPS Sri Martuti Piyungan Bantul.


diterjemahkan : (Yola Pratiwi Daswin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar