Loading
One Piece Going Merry
I LOVE YOLA SO MUCH.....I LOVE YOLA SO MUCH.... salam

MUSIC
videokeman mp3
Not Like That – Ashley Tisdale Song Lyrics

Selasa, 11 Juni 2013

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI POLIO DENGAN TINGKAT KECEMASAN PASCA IMUNISASI POLIO PADA ANAKNYA DI POSYANDU MARGASARI TASIKMALAYA

INTISARI
Ai Susilawati
Latar Belakang : Tujuan program imunisasi adalah menurunkan angka kesakitan, kematian, dan kecacatan dengan memberikan imunisasi lengkap pada bayi sebelum usia 1 tahun. Data menunjukkan bahwa di Indonesia penurunan angka penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi menurun tajam. Keberhasilan ini diperoleh dari kerja keras pemerintah dan partisipasi masyarakat. Banyak alasan yang menyebabkan terjadinya kecemasan pada ibu pasca imunisasi polio pada anaknya, salah satunya dalah pengetahuan ibu tentang imunisasi polio.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi polio dengan tingkat kecemasan ibu pasca imunisasi polio pada anaknya di Posyandu Margasari Tasikmalaya.
Metode Penelitian : Menggunakan rancangan cross sectional. Subyek peneltian terdiri dari 37 responden, hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan tingkat kecemasan ibu pasca imunisasi polio ulang pada balita, dalam analisa data dengan menggunakan teknik Spearman Rho hasilnya harga ρ = -0,658 dengan taarf signifikan 0,01 sedangkan hasil pengujian didapatkan p value = 0,000 hal ini berarti ada hubungan yang bermakna antara kedua variabel.
Kesimpulan : Ada hubungan yang positif antara tingkat pengetahuan tentang imunisasi polio dengan tingkat kecemasan ibu pasca imunisasi polio ulang pada balita Posyandu Margasari Tasikmalaya.

diterjemahkan : (Yola Pratiwi Dawin)

1 komentar:

  1. kak... mau tanya
    apa ini artikel n penelitian dari kakak??
    kalau iya bole minta contact person nya??
    saya andri handayani mau meneliti tingkat pengetahuan dan kecemasan juga tentang imunisasi
    saya mau minta informasinya dari kaka
    mohon bantuannya dan masukannya yaa thax so much
    email :: zhecadeva_cheriztha@yahoo.com
    fb :: andry handayani
    pin :: 20cd96c4

    BalasHapus