Loading
One Piece Going Merry
I LOVE YOLA SO MUCH.....I LOVE YOLA SO MUCH.... salam

MUSIC
videokeman mp3
Not Like That – Ashley Tisdale Song Lyrics

Selasa, 11 Juni 2013

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN AKIBAT HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI BANGSAL ”L” RSUP DR.SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN

INTISARI
Andhika Rahmawati
Sehat dan sakit adalah suatu keadaan bio psiko sosial yang menyatu dalam kehidupan manusia. Kondisi fisik dan psikis adalah satu kesatuan yang saling berhubungan erat satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Keluarga merupakan unsur yang penting dalam perawatan anak terutama ketika anak mengalami gangguan dalam kesehatannya. Dukungan keluarga yang diberikan akan mampu memberikan dampak pada perkembangan anak terutama dampak psikologis anak. Perawatan anak di rumah sakit merupakan pengalaman yang penuh dengan stres karena lingkungan rumah sakit itu sendiri merupakan penyebab stres dan kecemasan pada anak. Pada anak usia presekolah kecemasan yang paling besar dialami adalah ketika pertama kali mendapatkan perawatan di rumah sakit. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian non eksperimental dengan rancangan penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan sejumlah 30 responden dengan teknik pengumpulan data dengan data primer berbentuk kuesioner dukungan keluarga serta kuesioner dan observasi langsung tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah. Untuk melengkapi data primer anak usia prasekolah digunakan data sekunder yang diperoleh dari rekam medis, tenaga paramedis serta keluarga.
Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi spearman rhodengan hasil nilai korelasi (r) sebesar -0,650 dengan tingkat signifikan 0,01 yang berarti bahwa ada hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan akibat hospitalisasi pada anak usia prasekolah di Bangsal L RSUP Dr.Soeradji Tirtonegoro Klaten. Semakin tinggi dukungan yang diberikan, semakin ringan tingkat kecemasan yang dialami.


diterjemahkan oleh: (Yola Pratiwi Daswin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar