Loading
One Piece Going Merry
I LOVE YOLA SO MUCH.....I LOVE YOLA SO MUCH.... salam

MUSIC
videokeman mp3
Not Like That – Ashley Tisdale Song Lyrics

Selasa, 11 Juni 2013

HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT DENGAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WREDHA BUDHI DHARMA YOGYAKARTA 2008

Ni Komang Sukra Andini
ABSTRAKSI
Latar Belakang : Usia lanjut merupakan proses perkembangan terakhir dalam hidup manusia. Dengan proses menua tentunya mempunyai dampak yang lebih banyak terjadinya penyakit pada lansia, terbesar adalah gangguan depresi. depresi merupakan gangguan mental yang sering terjadi di tengah masyarakat. Salah satu penyebab depresi adalah kepribadian. Kepribadian ekstrovert introvert terbentuk atas jiwa. Kepribadian ekstrovert terutama dipengaruhi oleh dunia yang obyektif, yaitu dunia di luar dirinya. Dan jika orang yang introvert terutama dipengaruhi oleh dunia yang subyektif, yaitu dunia di dalam dirinya sendiri.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara tipe kepribadian ekstrovert introvert dengan depresi pada lansia yang tinggal di Panti Sosial Tresna Wredha Budi Dharma Ponggalan Yogyakarta 2008.
Metode : Deskriptif Analitik Korelatif dengan rancangan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14-19 april 2008 dengan jumlah sampel sebesar 30 lansia. Teknik Sampling yang digunakkan adalah purposive sampling. Data diambil dengan menggunakkan kuesioner. Uji Validitasmenggunakkan rumus Pearson Corelation Product Moment, sedangkan uji Reliabilitas menggunakkan rumus Alpha (α).
Hasil  : Setelah dilakukan analisa data dengan menggunakkan Uji Friedman (x2) maka, didapatkan hasil nilai signifikansi (p) 0,000 dan jika dibandingkan denganα =  5%, maka p < 0,05, sehingga Ho ditolak.
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara tipe kepribadian ekstrovert introvert dengan depresi pada lansia di Panti Sosial Tresna Wredha Budi Dharma Ponggalan Yogyakarta 2008.


diterjemahkan oleh: (Yola Pratiwi Daswin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar